Mencari Makna

Makna menurut KBBI yaitu maksud pembicara atau penulis; pengertian yang diberikan kepada suatu bentuk kebahasaan. Ketika kita mendengarkan sebuah lagu, hal yang biasanya kita maknai terlebih dahulu adalah musiknya. Suatu lagu dapat dibedakan menjadi lagu yang sedih atau lagu yang ceria hanya dari maksudnya. Namun memaknai lagu hanya dari musiknya saja dapat menjebak. Bisa jadi lagu yang didengarkan terdengar ceria namun setelah ditelusuri liriknya ternyata lagu patah hati. Seperti ketika saya mendengarkan lagu Dua Lipa yang berjudul New Rules, kedengarannya seperti lagu ceria namun ternyata adalah break up song.

Namun tulisan ini ada bukan karena saya baru saja mendengarkan lagu Dua Lipa. Tulisan ini ada karena saya diberi tugas untuk mendengarkan lagu Sepercik Air yang dibawakan oleh mendiang Deddy Stanzah. Saya sendiri mencoba untuk mendengarkan lagu ini terlebih dahulu tanpa memperhatikan atau memaknai liriknya. Hal yang terbayang oleh saya ketika mendengarkan lagu ini adalah ada hawa jatuh cinta dari si penyanyi kepada seorang. Jatuh cintanya sangat indah sehingga sayapun ikut merasakannya. Setelah itu saya coba melihat lirik lagu tersebut. Tidak ada kata wanita sama sekali di lagu tersebut, yang ada hanya kata-kata yang menggambarkan keindahan alam.

Ternyata dalam memaknai suatu informasi dalam konteks ini lagu, harus menyeluruh. Apabila saya hanya memaknai musiknya saja, saya pasti akan mengira bahwa lagu tersebut adalah lagu untuk seorang perempuan padahal tidak. Kita dalam berkomunikasi harusnya juga begitu, menyeluruh dalam mengolah informasi yang diberikan oleh lawan bicara/komunikasi. Apabila kita hanya memaknai kata-kata saja atau raut wajah saja, maka wajar akan terjadi kesalahpahaman.

Komentar

Postingan Populer