Tugas Lagi

Setelah sekian lama saya tidak melakukan update akhirnya blog ini di-update juga. Alasan kenapa ada postingan baru sudah jelas tertera di judul. Benar, adanya tugas memaksa saya untuk update blog ini lagi. Namun, berbeda dengan kemarin dimana tugas saya diberikan oleh guru SMA, sekarang tugas ini diberikan oleh dosen mata kuliah Teknik Komunikasi Ilmiah.
Berikut adalah deskripsi mata kuliah Teknik Komunikasi Ilmiah menurut silabus. "Pada perkuliah ini mahasiswa akan diberikan teknik-teknik dasar untuk mengkomunikasikan topi k ilmiah dalam berbagai forum. Forum komunikasi yang dilatih adalah forum ilmiah dan ilmiah popular, penulisan ilmiah di jurnal dan penulisan ilmiah di media popular (koran dan majalah). Mahasiswa juga akan diberikan teknik menyampaikan informasi ilmiah dalam forum resmi (seminar/symposium) dan tidak resmi (missal talkshow)."
Berdasarkan deskripsi tersebut saya berharap dapat meningkatkan kemampuan dalam merangkai kata-kata. Merangkai kata ternyata tidak semudah yang saya bayangkan. Apabila salah dalam pemilihan walaupun hanya satu kata, akan memberikan makna yang berbeda. Kemampuan pembuatan alur dalam komunikasi juga ingin saya tingkatkan. Karena dengan alur yang jelas target dalam berkomunikasi dapat mengikuti maksud yang ingin disampaikan.

Sekarang saya akan masuk ke tugas lainnnya. Karena ini mata kuliah yang membawa embel-embel komunikasi, saya harus membuat tulisan tentang komunikasi. Apa itu komunikasi? Saya akan coba menjawab pertanyaan ini hanya dengan pemahaman saya yang masih sangat dangkal. Komunikasi adalah proses pemberian informasi yang dilakukan secara searah maupun bolak-balik. Informasi disini tidak hanya berupa kata-kata baik tertulis maupun lisan, namun juga berupa informasi yang tidak dituang kedalam kata. Contoh dari informasi tersebut adalah gambar dan gestur.
Manusia butuh berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. Seperti halnya makhluk hidup lainnya mulai dari bakteri hingga primata, komunikasi adalah hal yang vital. Bakteri patogen melakukan komunikasi dengan bakteri lainnya menggunakan zat-zat kimia agar mencapai kuorum untuk dapat menyebabkan penyakit. Beberapa jenis katak menampilkan warna yang cerah yang bertujuan untuk memberi tahu mangsa bahwa ia beracun. Manusia pun melakukan komunikasi untuk memenuhi kebutuhannya hingga untuk mempertahankan diri.

Komentar

Postingan Populer